Jumat, 23 September 2016

cara mudah belajar pemrograman komputer


    6
    Pertimbangkan juga bahasa lainnya. Ada banyak bahasa pemrograman dengan penggunaan yang berbeda. Jika Anda ingin bekerja sebagai pemrogram, Anda perlu mengetahui lebih dari satu bahasa, jadi mulailah belajar hari ini!
        Cara terbaik untuk memilih bahasa untuk dipelajari adalah mencari iklan lowongan pekerjaan yang Anda inginkan dan melihat bahasa apa saja yang umum dibutuhkan.

Metode 2 dari 3: Mempelajari Bahasa Pemrograman

    Gambar berjudul Start Learning Computer Programming Step 7
    1
    Pertimbangkan untuk masuk kuliah pemrograman. Meskipun kebanyakan perusahan yang mencari pemrogram tidak mempermasalahkan gelar, namun sebaiknya Anda memiliki gelar akademis di belakang nama Anda. Anda akan mempelajari lebih banyak hal di kampus daripada belajar sendiri, dan Anda pun akan mendapat panduan dari pakarnya.
        Sering kali tersedia beasiswa dan hibah untuk mahasiswa teknologi informasi. Jangan takut dengan mahalnya biaya kuliah -- Anda bisa membayarnya, kok!
    Gambar berjudul Start Learning Computer Programming Step 8
    2
    Belajarlah dari kampus di internet; baik mengikuti kelas jarak jauh yang berbayar dan mendapatkan ijazah atau mengikuti kelas gratis seperti Coursera dari MIT. Anda bisa belajar banyak hal tentang pemrograman jika Anda mengikuti kelas terstruktur.
    Gambar berjudul Start Learning Computer Programming Step 9
    3
    Cobalah menggunakan peralatan daring. Gunakan layanan gratis seperti Google Universtiy Consortium atau Mozilla Developer Network untuk belajar lebih banyak seputar pemrograman. Perusahaan-perusahaan tersebut menginginkan lebih banyak pengembang untuk membantu mereka dan sumber daya mereka bisa jadi sumber daya terbaik di internet.
    Gambar berjudul Start Learning Computer Programming Step 10
    4
    Belajarlah dengan panduan internet. Tersedia banyak situs panduan pemrograman yang dibuat oleh pemrogram, yang akan mengajarkan Anda dasar-dasar pemrograman dan panduan lainnya. Carilah panduan dari bahasa yang ingin Anda pelajari.
        Tersedia juga banyak kelas daring gratis yang bisa Anda ikuti untuk belajar pemrograman. Khan Academy mengajarkan pemrograman komputer dengan panduan yang mudah serta video. Code Academy adalah situs tempat belajar lain yang dilengkapi panduan langkah-per-langkah.
    Gambar berjudul Start Learning Computer Programming Step 11
    5
    Mulailah semuda mungkin. Banyak program yang didesain untuk mengajarkan pemrograman bagi anak-anak. Program seperti MIT Scratch sangat membantu, dan semakin muda usia Anda, semakin mudah Anda mempelajari bahasa pemrograman.
        Hindari kit pemrograman, karena kit jarang mengajarkan hal-hal berguna.

Metode 3 dari 3: Mengajari Diri Sendiri

    Gambar berjudul Start Learning Computer Programming Step 12
    1
    Mulailah dengan buku panduan atau tutorial pemrograman yang baik. Dapatkan buku terbaru tentang bahasa yang ingin Anda pelajari. Ulasan di Amazon atau situs serupa biasanya akan membantu Anda menemukan buku yang baik dan kurang baik.
    Gambar berjudul Start Learning Computer Programming Step 13
    2
    Dapatkan interpreter untuk bahasa yang Anda inginkan. Interpreter adalah program komputer juga, namun interpreter akan mengubah ide yang Anda tulis dalam bahasa pemrograman ke kode mesin sehingga Anda bisa melihat bagaimana cara kerjanya. Banyak program interpreter tersedia; pilihlah yang cocok untuk Anda.
    Gambar berjudul Start Learning Computer Programming Step 14
    3
    Bacalah buku pemrograman! Ambil contoh dari bahasa pemrograman yang ada di buku dan tulislah di interpreter. Cobalah mengubah contohnya dan membuat program contoh tersebut melakukan hal lain.
    Gambar berjudul Start Learning Computer Programming Step 15
    4
    Cobalah membangun ide untuk membuat program yang bisa dipakai. Mulailah dengan program sederhana, seperti program pengubah kurs, dan pelajari jenis program lain selagi Anda mulai membaca dan belajar bahasa pemrograman.
    Gambar berjudul Start Learning Computer Programming Step 16
    5
    Pelajari bahasa pemrograman lain. Setelah Anda mulai memrogram di bahasa pertama Anda, Anda mungkin ingin mempelajari bahasa pemrograman kedua. Anda akan mendapat manfaat dari belajar bahasa kedua jika Anda memilih bahasa yang memiliki sudut pandang berbeda dari bahasa yang pertama Anda pelajari. Misalnya, jika Anda mulai memrogram dengan Scheme, cobalah C atau Java selanjutnya. Jika Anda memulai dengan Java, pelajari Perl atau Python.
    Gambar berjudul Start Learning Computer Programming Step 17
    6
    Teruslah memrogram dan mencoba hal baru! Untuk menjadi pemrogram yang baik, setidaknya Anda harus mengikuti teknologi. Belajar pemrograman adalah proses belajar tanpa akhir, dan Anda harus selalu mempelajari bahasa baru, paradigma baru, dan yang lebih penting: memprogram hal baru!

Tips

    Jangan mulai dengan bahasa yang rumit seperti Java. Mulailah dengan Python, karena Python cukup ramah bagi pemula dan dibangun dengan seluruh aspek pemrograman.
    Java memiliki konsep hebat bernama multithreading. Pelajari konsep tersebut hingga Anda paham.
    Dapatkan buku referensi yang baik. Pastikan buku Anda adalah buku terbaru, karena teknologi terus berkembang.
    Mulailah dengan sesuatu yang menyenangkan, berikan motivasi pada diri Anda untuk menyelesaikan tantangan, dan meningkatkan kemampuan Anda dalam pemecahan masalah secara logis.
    Gunakan Eclipse saat Anda menulis program. Eclipse adalah program yang sangat berguna; ia dapat melakukan debug pada kode dan Anda bisa menjalankan kode secara langsung, juga menggunakan penjelajah paket untuk menjelajah berbagai berkas pada kode Anda.
    Menghapal sintaksis adalah keharusan. Anda dapat menerapkannya sesuka hati Anda. Pelajari beberapa contoh program dan mulailah memrogram.
    Jika Anda mempelajari Java, gunakan NetBeans 7.3.1. Program ini sangat keren dan mudah dipakai.

Info Artikel

Kategori: Komputer dan Elektronik

Bahasa lain:

English: Start Learning Computer Programming, Français: commencer à apprendre la programmation informatique, Italiano: Cominciare ad Apprendere la Programmazione, Español: aprender programación, Deutsch: Anfangen Computer zu programmieren, Português: Começar a Aprender Programação de Computadores, 中文: 学习编程, Русский: начать изучать компьютерное программирование, Nederlands: Leren programmeren op de computer   

    Diskusikan
    Cetak
    Email
    Sunting
    Kirim surat penggemar pada penulis

Halaman ini telah diakses sebanyak 33.342 kali.
Apakah artikel ini akurat?

Artikel Manapun Tulis Artikel
Artikel Pilihan
Mengabaikan Rasa Sakit dan Perasaan

Cara
Mengabaikan Rasa Sakit dan Perasaan
Menulis Pembukaan Novel

Cara
Menulis Pembukaan Novel
Menulis Esai yang Bagus dalam Waktu Singkat

Cara
Menulis Esai yang Bagus dalam Waktu Singkat
Agar Langgeng Menjalani Hubungan Cinta Jarak Jauh bagi Remaja

Cara
Agar Langgeng Menjalani Hubungan Cinta Jarak Jauh bagi Remaja

    Beranda
    wikihow:Tentang wikiHow
    wikihow:Ketentuan Penggunaan
    RSS
    Peta situs
    Masuk

Semua teks tersedia di bawah Lisensi Atribusi-Berbagi Serupa Creative Commons.
Ditenagai oleh Mediawiki.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar