Selasa, 20 September 2016

cara belajar bahasa mandarin dengan mudah

Dalam bab ini, saya akan mengajarkan sebutan-sebutan seperti saya, kamu, sebutan anggota keluarga. Dalam bab ini juga akan ajar sikit pertuturan.
我     wǒ     saya, aku
你     nǐ     anda, kamu
妳     nǐ     anda, kamu (perempuan)
他     tā     dia
她     tā     dia (perempuan)
它     tā     ia
我们      wǒ men      kita, kami
你们     nǐ men     kalian
他们     tā men     mereka
大家     dà jiā     semua

Contoh:

1) 我(wǒ) 有(yǒu) 一(yí) 辆(liànɡ) 车(chē) 。
saya punya satu mobil.

2) 你(nǐ) 吃(chī) 了(le) 没(méi) ?
Anda sudah makan belum?

3) 他(tā) 是(shì) 你(nǐ) 的(de) 朋(pénɡ) 友(you) 吗(mɑ)?
Apakah dia temanmu?

4)我(wǒ) 和(hé) 你(nǐ) , 谁(shuí) 比(bǐ) 较(jiào) 高(ɡāo) ?
aku dan kamu, siapa lebih tinggi?

5) 我(wǒ) 们(men) 一(yì) 起(qǐ) 去(qù) 吃(chī) 饭(fàn)。
Kita pergi makan sama-sama.

6) 你(nǐ) 们(men) 不(bú) 要(yào) 回(huí) 家(jiā) 吗(mɑ)?
apakah kalian tidak mau pulang ke rumah?

7) 他(tā) 们(men) 是(shì) 印(yìn) 尼(ní) 人(rén)。
Mereka adalah orang Indonesia.

8) 大(dà) 家(jiā) 一(yì) 起(qǐ) 唱(chànɡ) 歌(ɡē) 吧(bɑ) !
Mari semua nyanyi bersama!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar